Labuan Bajo, gerainusa.com- Provinsi Nusa  Tenggara Timur (NTT) berhasil memboyong delapan piala dari 18 katergori perlombaan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) awards ke-5 tahun 2020.

Malam puncak penghargaan terhadap pemenang API awards 2020 ini digelar di Hotel Inaya Bay Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (20/5/2021).

Provinsi NTT menempati juara umum mengalahkan Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Ace yang sebelumnya bersaing ketat dalam nominasi juara umum.

Delapan kategori yang dimenangkan oleh Provinsi NTT antara lain, juara II kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao), juara I kategori Kuliner Tradisional Terpopuler (Se’i NTT), juara I kategori Destinasi Belanja Terpopuler (Sendra Tenun Ikat Ina Ndao di Kota Kupang), juara II Kategori Wisata Air Terpopuler (Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur), juara I kategori Dataran Tinggi Terpopuler (Fulan Fehan) di Kabupaten Belu.

Juara I kategori Kampung Tradisional Terpopuler  (Kampung Adat Namata di Sabu Raijua), juara II ketegori Destinasi Baru (Pulau Semau di Kabupaten Kupang), dan juara I kategori Situs Sejarah (Liang Bua di Kabupaten Manggarai).

Pergelaran API awards 2020 diakui oleh Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laikodat. Dalam sambutannya, Vicktor menyampaikan apresiasi terhadap para peserta yang mememangi kategori perlombaan.

Ia juga menyampikan terima kasih atas kehadiran para peserta API 2020 di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

“saya atas nama pemerintah dan mewakili seluruh rakyat NTT menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh peserta API awards 2020 di nusa terindah toleransi,” ujar Victor Laiskodat yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin.* (dp)